whatsapp

Rekomendasi Tempat Wisata Alam Di Kalimantan

Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia dan bahkan dunia. Pulau Kalimantan data hk berada di sebelah utara Pulau Jawa dan sebelah barat Pulau Sulawesi dengan luas wilayah mencapai 743.330 km². Pulau yang dikenal dengan Borneo ini terbagi menjadi lima provinsi. Lima provinsi tersebut, termasuk Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Pulau Derawan

Berada di Kalimantan Timur, pulau ini memiliki beberapa objek wisata yang menakjubkan. Terdapat batu sepanjang 18 meter berjarak 10 meter di bawah permukaan laut, yakni Blue Tigger Wall, salah satu yang terbaik untuk menyelam. Tak hanya itu, berenang bersama ubur-ubur juga menjadi daya tarik lain utamanya. Snorkeling atau diving pun akan membuat liburanmu jadi lebih berkesan.

Danau Sentarum

Sebagian besar kawasan Danau Sentarum terdiri dari hutan hujan dengan tingkat rendah dan lahan rawa gambut besar. Tempat ini cocok untuk melihat beberapa jenis flora dan fauna dengan pemandangan yang tidak biasa. Lokasinya berada di Kalimantan Barat dengan luas 132.000 hektare. Ketika musim hujan, tempat ini akan terlihat seperti hutan yang sedang terendam air. Beda lagi ketika musim kemarau, yang akan kamu lihat hanyalah padang dengan hutan, air pun hanya sedikit. Unik banget!

Wisata Alam Batu Dinding

Selain wisata pulau, pantai, dan sungai, Kalimantan Timur juga memiliki wisata perbukitan yang unik. Salah satu yang cukup terkenal adalah wisata alam Batu Dinding. Destinasi ini berlokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara. Untuk sampai ke lokasi, kamu harus menyusuri jalan setapak yang dikelilingi oleh perkebunan jeruk sunkist, buah naga, dan pohon karet. Saat tiba di tempat tujuan, kamu akan melihat suasana perbukitan yang megah. Keindahan alamnya yang eksotis membuat orang tidak ragu untuk datang ke tempat ini, meskipun harus melewati jalan setapak.

Pulau Sangalaki

Satu lagi pulau di Kalimantan Timur yang wajib kamu datangi adalah Pulau Sangalaki. Pulau ini mempunyai pantai dengan pasir putih yang lembut. Kamu bisa jalan di sepanjang pantai tersebut sambil menikmati keindahan alunan ombak di pulau ini. Tidak hanya itu, pemandangan bawah laut di Pulau Sangalaki juga tidak kalah menarik. Kamu akan terkagum-kagum dengan keindahannya. Untuk melihat keindahan bawah laut, kamu bisa melakukan penyelaman di beberapa titik, seperti spot Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta Avenue, Ridge, Light House, The Rockies, Channel Entrance, Coral Gardens, serta Town dan Sandy IDN Toto Ridge. Di pulau ini banyak terdapat penyu. Kamu bisa belajar banyak hal tentang binatang yang satu ini. Kamu juga bisa melihat bagaimana mereka berkembang biak dan melepaskan anak penyu ke laut lepas.

Pulau Kakaban

Masih satu kesatuan dengan Pulau Derawan, Pulau Kakaban memiliki luas 774,2 hektare. Hal yang paling terkenal dari pulau ini adalah adanya danau indah di tengah pulau, Danau Kakaban namanya. Danau Kakaban menjadi tempat tinggal ubur-ubur cantik dan tidak beracun, sehingga kamu bisa menyelam sembari menikmati keindahan pulau ini. Ubur-ubur tersebut terdiri dari dua jenis, yakni emas dan bulan. Keren banget!

Write a comment

COVID19 : DISCLAIMER: 

 To ensure social distancing we allow only a group size of upto 5 people into the premises. The session areas are regularly sanitised. Do take advantage of the special COVID discounts & offers by our listed educators.