whatsapp

Efek Karburator Motor Kotor Bisa Sebabkan Mogok hingga Susah Distarter

Efek karburator motor kotor tidak boleh Anda sepelekan. Sebab efek dari karburator motor yang kotor cukup merugikan bagi Anda. Karena itu Anda tidak boleh membiarkan karburator motor dalam kondisi kotor terlalu lama untuk menghindari dampaknya.

Karburator sendiri merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam proses pembakaran. Fungsinya untuk mengumpulkan serta mencampur keluaran sgp udara dan bahan bakar kendaraan. Sehingga bahan bakar menjadi lebih mudah terbakar untuk menghasilkan tenaga.

Karburator bekerja dengan menghisap bahan bakar dan mengubahnya menjadi kabut. Dalam tugas ini karburator mengandalkan gerakan piston yang bergerak turun saat menghisap bahan bakar. Kabut tersebut yang kemudian diperlukan dalam proses pembakaran.

Efek Karburator Motor Kotor yang Sangat Merugikan

Karburator memiliki peran yang sangatpenting untuk sepeda motor. Karena itu, jika karburator bermasalah tentunya juga akan memberikan efek tersendiri pada motor. Misalnya yaitu mampu mengganggu kinerja motor sehingga menjadi kurang maksimal.

Karburator memang bisa mengalami berbagai kerusakan karena perawatannya yang kurang. Misalnya yaitu karburator banjir karena modifikasi yang kurang tepat pada karburator. Karburator kering karena asupan bahan bakar terbatas atau setelan udara terlalu besar.

Kemudian karburator basah karena bahan bakar terlalu banyak daripada udara yang masuk. Masalah lainnya yaitu karburator kotor karena tidak pernah Anda bersihkan secara rutin. Karburator kotor ini juga bisa terjadi karena berbagai hal lain yang menjadi penyebabnya.

Efek karburator motor kotor juga bisa berdampak sangat fatal dan merugikan pemilik. Namun beberapa orang termasuk Anda mungkin masih belum mengetahui apa dampaknya. Karena itu, berikut kita bahas apa saja dampak karburator pada motor yang sudah kotor:

Motor Sulit Hidup

Efek pertama yaitu menyebabkan mesin motor menjadi sulit untuk kita hidupkan. Hal tersebut karena kotoran akan mengendap dan menyumbat aliran bensin untuk proses pengabutan. Dampaknya proses pembakaran akan terganggu dan membuat motor sulit hidup.

Menyebabkan Motor Mogok

Selain membuat motor sulit hidup, karburator kotor juga bisa membuat motor mogok. Hal tersebut tentunya sangat merugikan kita apalagi jika sudah menempuh perjalanan. Akhirnya kita harus kembali berusaha menghidupkan motor agar bisa menyala kembali.

Motor Tersendat-sendat

Dampak karburator kotor lainnya yaitu menyebabkan motor menjadi tersendat-sendat selama berkendara. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu kenyamanan kita selama mengendarai motor. Apalagi jika tiba-tiba motor malah mati dan sulit untuk kita hidupkan kembali.

Efek Karburator Motor Kotor Tarikan Gas Menjadi Berat

Karburator sepeda motor yang kotor juga akan menyebabkan tarikan gas semakin berat. Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu kenyamanan selama mengendarai motor. Dampak ini bisa muncul ketika kotoran menghambat aliran bahan bakar dan mengganggu pembakaran.

Cara Membersihkan Karburator

Untuk menghindari berbagai efek buruk di atas tentunya Anda harus rutin membersihkan karburator. Cara membersihkan karburator motor sebenarnya juga tidak terlalu sulit dan bisa Anda coba sendiri. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk membersihkan karburator dengan mudah:

Lepas Karburator

Pertama Anda harus melepas karburator dari dudukan terlebih dahulu untuk mempermudah pembersihan. Pastikan melepas karburator dengan hati-hati menggunakan alat yang tepat. Tujuannya untuk mencegah kerusakan pada karburator maupun komponen lainnya.

Buka Mangkuk Karburator dan Bersihkan

Untuk mencegah efek karburator motor kotor bukalah mangkuk karburator. Setelah itu Anda bisa melihat bagian mana yang kotor dan menyebabkan gangguan. Bersihkan kotoran tersebut menggunakan kuas lembut dan bilas dengan bensin agar bersih maksimal.

Bersihkan Komponen Lainnya

Berikutnya Anda harus membersihkan komponen karburator lainnya yang juga kotor. Mulai dari bagian pilot jet, main jet, needle jet dan juga bagian spuyer karburator. Bersihkan dengan hati-hati dan pastikan komponen tersebut terbebas dari kotoran secara maksimal.

Rakit dan Pasang Kembali Karburator

Setelah proses pembersihan selesai, maka Anda bisa merakit karburator kembali dengan benar. Setelah itu Anda bisa langsung memasangnya kembali pada dudukan sama seperti semula. Proses membersihkan karburator sudah selesai dan Anda bisa terhindar dari efek buruknya.

Write a comment

COVID19 : DISCLAIMER: 

 To ensure social distancing we allow only a group size of upto 5 people into the premises. The session areas are regularly sanitised. Do take advantage of the special COVID discounts & offers by our listed educators.