whatsapp

Cara Menghilangkan Duri

Berkebun tanpa sarung tangan atau berjalan tanpa alas kaki di hutan adakalanya menjadikan Anda tertimpa masalah. Kabar baiknya adalah jika kulit Anda terkena duri, banyak pengobatan di rumah yang dapat digunakan untuk menghilangkannya, dari membuat pasta soda kue hingga menggunakan lem untuk menariknya Live Draw SDY keluar dengan bantuan cuka. Hal yang tidak boleh diabaikan adalah membersihkan daerah yang ingin ditangani terlebih dahulu dan setelah penanganan untuk mencegah infeksi.

 Sebelum menghilangkan duri, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah membersihkan daerah kulit yang tertusuk duri. Pilihlah sabun yang lembut lalu cuci bagian yang sakit dengan air hangat sebelum proses pencabutan dimulai.

  • Jangan menggosok bagian yang sakit karena bisa mendorong duri semakin terbenam ke dalam kulit.
  • Menepuk-nepuk daerah yang sakit dengan menggunakan kain bersih untuk mengeringkannya.

 Anda mungkin tergoda untuk memencet dan mengutak-atik area di sekitar duri untuk memaksanya keluar. Walhasil, tindakan ini malah akan semakin mendorong duri terperosok jauh ke dalam atau mematahkannya ke dalam beberapa bagian, sehingga merunyamkan masalah yang sudah ada. Jangan lakukan hal tersebut, tetapi cobalah cara lain untuk mengeluarkannya.

 Periksa sudut dan kedalaman duri supaya Anda bisa menemukan cara untuk menghilangkannya. Metode atau cara yang digunakan bergantung pada sudut dan kedalaman duri. Perhatikan seberapa dekat lokasi duri dari permukaan dan sudah adakah lapisan kulit yang tumbuh menutupinya.

  • Jika ujung duri ada yang menyembul keluar, Anda mungkin bisa menghilangkannya dengan bantuan pinset atau plester.
  • Jika duri tertanam dalam di kulit, Anda mungkin perlu mencabutnya.
  • Jika duri telah tertutupi oleh lapisan kulit baru, Anda mungkin perlu menggunakan jarum atau pisau cukur.

 Jika duri masih berada di dalam kulit selama beberapa hari dan Anda melihat tanda-tanda infeksi, segera kunjungi dokter untuk menghilangkannya. Anda sebaiknya tidak berupaya untuk mencabutnya sendiri, karena bisa membahayakan diri. Dokter dapat menghilangkan duri serta mengobati dan menutupi luka untuk menyembuhkan infeksi.

  • Jika luka mengeluarkan darah atau nanah, segera pergi ke dokter.
  • Jika muncul rasa gatal, merah dan bengkak, segera berkonsultasi dengan dokter.
Write a comment

COVID19 : DISCLAIMER: 

 To ensure social distancing we allow only a group size of upto 5 people into the premises. The session areas are regularly sanitised. Do take advantage of the special COVID discounts & offers by our listed educators.