whatsapp

5 Manfaat Sianida dalam Berbagai Bidang

Tahukah kamu apa itu sianida sianida biasanya sangat identik dengan kata racun kita ketahui belum lama ini terdapat kasus akibat racun sianida. Memang benar sianida merupakan salah satu jenis racun bahan beracun tersebut sangat mematikan, namun berbeda dengan pandangan kimia. Pada pandangan kimia sianida bukanlah sebuah racun tetapi ia merupakan sebuah ikatan yang memiliki 3 rangkap yaitu antara atom karbon dan nitrogen dimana atom karbon dan nitrogen tersebut menjadi suatu kombinasi yang dapat membentuk sebuah senyawa.

Ternyata senyawa tersebut jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan keracunan seperti kasus mirna saat itu. Namun perlu diketahui meskipun sianida merupakan jenis racun tetapi, sianida ini memiliki manfaat tersendiri, karena kita tahu bahwa tiada yang tersisa di dunia ini tanpa adanya manfaat. Begitu pula dengan sianida ini. Untuk itu mari kita mengenal manfaat sianida, adapun beberapa manfaat sianida adalah sebagai berikut :

Industri logam

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari sianida adalah dapat digunakan untuk mempermudah industri logam, bahkan sianida sudah dikonsumsi kurang lebih 13% secara global dimana konsumsi yang tersebut digunakan untuk mengolah pertambangan. Dalam mengelola pertambangan tersebut slot server thailand super gacor dapat digunakan untuk memulihkan sayang perak emas dan juga tembaga.

Membantu penindustrian dalam membuat warna

Manfaat lain dalam bidang industri dari sianida adalah dapat membantu membuat prussian Blue, atau zat kimia biru, dimana zat tersebut merupakan zat yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan warna. Prussian blua atau sering juga disebut dengan Berin Blue ini atau disebut juga dengan sebutan biru berlin ini merupakan reaksi kimia antara larutan alkali dengan larutan sianida sehingga membentuk biru berlin, dengan demikian pigmen warna biru berlin ini dapat didapatkan ketika mengabungkan zat alkali dengan zat sianida dan juga lauratan jenuh dari besi III kloirda.

Dengan adanya kombinasi tersebut dapat membantu pigmen warna menjadi terbentuk dengna baik. Pigmen biru ini tentu sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Adapun manfaat pasti dari pigmen biru ini biasanya digunakan untuk cat, atau pun tinta. Sehingga mengapa tinta ataupun cat tidak boleh sampai kemakan karena ia mengandung beberapa kandungan sianida, dimana hal tersebut tentu dapat membahayakan pula.

Penelitian Laboratorium

Ternyata asam sianida ini dipakai untuk melakukan penelitian laboratorium, terutama bagi sianida yang berbentuk larutan dimana larutan itu memiliki kadar 2%. Asam sianida dalam bentuk larutan dimanfaatkan untuk melakukan reaksi proses kimia sintesis.

Bermanfaat dalam bidang fotografi

Manfaat yang tidak dipercaya lainnya adalah sianida dapat digunakan dalam bidang fotografi, sianida memang berfungsi sebagai zat pembersih sehingga ia baik untuk membersihkan komponen-komponen yang digunakan dalam bidang fotografi.

Digunakan untuk memproses film penghapus emas

Sianida dapat bermanfaat untuk memproses film penghapus emas yang terletak pada biji hal ini dapat dilakukan dengan listrik atau logam yang sangat bersih dan dengan membuat kertas ataupun dengan menggunakan plastik.

Write a comment

COVID19 : DISCLAIMER: 

 To ensure social distancing we allow only a group size of upto 5 people into the premises. The session areas are regularly sanitised. Do take advantage of the special COVID discounts & offers by our listed educators.